Minggu, 17 Juli 2011

Tips Belajar Teknik Dan Optimasi SEO Bagi Pemula

Dewa Haster akan membahas tentang beberapa teknik SEO dan juga optimasi khusus bagi pemula. SEO atau Search Engine Optimization merupakan cara-cara atau teknik optimasi SEO pemula website agar mudah ditemukan oleh mesin pencari (search engine) dengan tujuan agar jumlah kunjungan terhadap sebuah website dapat semakin meningkat. Jadi, teknik optimasi SEO merupakan salah satu cara untuk dapat meningkatkan peringkat dalam proses pencarian oleh mesin pencari, di mana semakin peringkatnya dibaik, maka kemungkinan link situs pada hasil pencarian akan besar. Dengan besarnya jumlah kunjungan terhadap sebuah situs terjadinya transaksi bisnis pun akan menjadi semakin besar. Dalam artikel haster kali ini akan di bahas tentang macam-macam jenis SEO. Walapun saya sendiri juga tidak grand master SEO seperti yang lain tapi disini saya akan sedikit sharing tentang apa yang saya ketahui tentang SEO.

Macam-macam jenis Teknik SEO
Dalam sebuah website atau blog pasti ingin blog tersebut dapat dilihat oleh banyak orang. Di dalam teknik SEO ada dua cara supaya blog kita dapat dilihat banyak orang yaitu dengan cara On Page dan Off Page.
On Page merupakan metode yang dilakukan untuk membuat tampilan blog menjadi lebih baik dari segi desain, isi halaman, maupun tema blog itu sendiri. Sedangkan Off Page merupakan cara untuk membangun banyak link menuju ke blog kita. Ada bermacam cara untuk membangun link, di antaraya dengan mengirimkan sebuah link melalui komentar pad buku tamu maupun dari kegiatan chatting dengan sesama pengguna internet. Di dalam berkomentar pun kita harus tahu tata cara supaya kita bisa menarik hati dan simpati dari pemilik blog yang kita komentari untuk bisa menerima link kita dalam blog yang kita komentari.
Dalam menggunakan metode On Page, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan di antaranya :
1.    Website atau blog yang anda buat perlu diperhatikan dengan benar mengenai tema blog yang sesuai dengan perkembangan dunia saat ini.
2.    Buatlah blog yang sederhana tetapi padat isi.
3.    Selalu update website secara berkala dan teratur. (Ini yang susah, kadang males n aras-arasen kan….
4.    Buatlah sitemap adar dapat dikenali oleh mesin pencari.
5.    Buatlah setiap halaman blog mempunyai judul dan tema yang unik dari blog yang lain.
Sedangkan dalam penggunaan metode Off Page, agar blog anda dapat dikunjungi oleh pengguna internet yang lain, maka ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, yaitu :
1.    Submit artikel ke dalam article directory.
2.    Jangan lupa men submit blog ke dalam blog directory
3.    Sebarluaskan link blog anda deengan cara melakukan pertkaran link antar pengguna internet.
4.    Menyebarluaskan link juga bisa melalui berbagai sosial bookmarking seperti facebook ataupun twitter.
5.    Banyak aktif dalam forum diskusi.
Anda juga dapat memasukkan alamat blog anda pada mesin pencari untuk di indeks ke dalam database search engine sehingga pengguna lain dapat melihat link website anda ketika melakukan pencarian. Dalam hal ini banyak sekali search engine yang bisa anda gunakan, diantaranya :
1.    Google dengan dengan alamat http://www.google.com/addurl
2.    MSN dengan alamat http://beta.search.msn.com/docs/submit.aspx
3.    Yahoo dengan alamat http://siteexplorer.search.yahoo.dom/submit
Dan masih banyak lagi search engine yang memiliki fasilitas ini.
Inilah sedikit pembahasan singkat tentang teknik SEO dari blogger pemula seperti saya. Pembahasan lebih rinci dan lebih dalam akan di bahas dalam artikel selanjutnya.

0 komentar:

Posting Komentar